Selasa, 16 September 2014

PEMIMPI DAN PENGUASA

Pemimpin biasanya merangkap jadi penguasa, namun penguasa belum tentu bisa jadi pemimpin. Agar bisa melaksanakan tugasnya  dengan baik, maka setiap pemimpin diberikan tugas dan kewenangan tertentu, kewenangan itulah yang disebut kekuasaan.
            Ada orang dianggkat sebagai posisi tertentu, dan memiliki kekuatan besar, dengan demikian ia otomatis menjadi penguasa, namun belum tentu ia mampu menjadi pemimin yang baik kalu ia tidak memiliki kapasitas sebagai  pemimpin.
            Lebih banyak orang menyalahgunakan kekuasaan yang dimilikinya untuk kepentingan pribadi, keluarga, kelompok, suku, ras, dan lain-lainnya. Katanya “power tend tocorrup” siapa .yang memiliki kekuasaan cenderung untuk melakukan korupsi, apalagi kalau kekuasaanya tidak terbatas, plus tanpa pengawasan.
            Pemimpin yang baik akan mendahulukan kepentingan rakyat yang ia pimpin, menciptakan keadilan dan kesejaheraan, sehingga semua orang merasa aman, nyaman dan tentram. Kekuasaan yang dimilikinya digunakan dengan hati-hati, adil, dan tidak sewenang-wenang. Tidak menggunakan aji mumpung, tetapi aji pengabdian. Apakah masih ada pemimpin yang seperti itu?
            Mencari penguasa yang korup jauh lebih mudah dari pada mencari pemimpin yang adil dan bijaksana.

                                                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar